Tips dan Trik Belajar Efektif

Tips dan Trik Belajar Efektif...


Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, dimana perubahan tersebut dapat mengarah kepada tingkah laku yang baik, tetapi dapat pula mengarah kepada tingkah laku yang buruk. Belajar juga merupakan suatu proses yang di dalamnya terdapat asosiasi dan interalasi antara berbagai pengalaman yang kemudian membentuk pola-pola pengertian atau pengetahuan yang teroganisir di dalam diri kita, hal itu terjadi disebabkan oleh hasil penggulangan-pengulangan yang teratur.
Agar dalam prosesnya belajar itu menjadi efektif harus diketahui terlebih dahulu metode yang digunakan. Dr. Rudolf Pinter seorang pakar pendidikan barat telah mengemukakan 10 macam metode dalam belajar, yaitu sebagai berikut :
Pertama: Metode keseluruhan kepada bagian
Dalam hal ini kita harus memulai dari keseluruhan kemudian secara mendetail kepada bagian-bagiannya. Misalnya kita mempelajari sebuah buku, hal yang pertama dilakukan dengan lebih dulu memperhatikan isi buku, urutan bab-babnya dan sub bab masing-masing. Kemudian barulah mengarah pada bagian-bagian atau bab-bab tertentu yang dianggap penting atau inti pokok buku tersebut.
Kedua: Metode keseluruhan lawan bagian
Metode ini digunakan untuk bahan pelajaran yang tidak terlalu luas cakupannya, tepat digunakan metode keseluruhan seperti menghadapi syair, membaca buku, cerita pendek dan lain-lain.
Ketiga: Metode campuran antara keseluruhan dan bagian
Metode ini digunakan pada bahan-bahan pelajaran yang cakupannya sangat luas, sukar-sukar, misalnya tata buku, akunting dan bahan kuliah lainnya.
Keempat : Metode resitasi (metode pemberian tugas)
Dalam hal ini resitasi berarti mengulangi mengucapkan kembali sesuatu yang telah dipelajari. Dapat digunakan untuk semua bahan pelajaran yang bersifat verbal atau nonverbal.
Kelima : Jangka waktu panjang
Jangka waktu belajar berdasarkan berbagai hasil eksperimen dinyatakan bahwa belajar yang produktif seperti menghapal, mengetik, mengerjakan soal hitungan dan sebagainya adalah antara 20 – 30 menit, sedangkan jangka waktu lebih dari 30 menit dipergunakan bila memerlukan konsentrasi, perhatian relative kurang atau tidak produktif.
Keenam: Pembagian waktu belajar
Dari berbagai percobaan dapat dibuktikan bahwa belajar terus menerus dengan jangka waktu yang lama tanpa istirahat tidak akan efisien dan tidak efektif, sehingga diperlukan adanya pembagian waktu belajar sehingga produktif yaitu 30 menit 2x sehari selama 6 hari.
Ketujuh : Membatasi kelupaan
Agar pelajaran yang telah dipelajari tidak lupa maka perlu adanya ulangan atau review pada waktu-waktu tertentu atau pada akhir pelajaran.
Kedelapan: Menghapal
Metode ini sangat berguna terutama untuk dapat menguasai serta mereproduksi kembali dengan cepat bahan-bahan pelajaran yang luas dan banyak dalam waktu yang relative singkat.
Kesembilan: Kecepatan belajar dalam hubungannya dengan ingatan
Untuk bahan pelajaran yang kurang mempunyai arti generalisasi itu tepat dan benar, akan tetapi untuk bahan-bahan pelajaran yang lain tidak dapat dipastikan kebenarannya.
Kesepuluh : Retroactiv inhibition
Belajar merupakan suatu proses yangdi dalamnya terdapat asosiasi dan interelasi antara berbagai pengalaman yang membentuk pola-pola pengertian atau pengetahuan yang terorganisir pada setiap individu dan terjadi karena hasil pengulangan-pengulangan yang teratur. Inhibition berarti larangan atau penolakan yang berarti tidak mencampur adukan belajar sehingga diberikan time schedule.
Setelah diketahui bagaimana metode belajar yang digunakan tips dan trik belajar efektif selanjutnya adalah mengetahui bagaimana Membiasakan Belajar yang Efisien. Menurut Crow and Crow untuk mencapai belajar yang lebih efisien adalah sebagai berikut :
·         Memiliki tujuan belajar yang pasti
·         Mengusahakan tempat belajar yang memadai
·         Menjaga kondisi fisik sehingga tidak mengganggu konsentrasi dan keaktifan mental
·         Rencanakan dan ikuti jadwal waktu untuk belajar
·         Selingi waktu belajar dengan istirahat yang teratur
·         Cari kalimat-kalimat topic atau inti pengertian dari tiap paragraph
·         Gunakan metode keseluruhan, bila mungkin
·         Mengusahakan membaca cepat tetapi cermat
·         Buat catatan-catatan atau rangkuman dengan rapih
·         Adakan penilaian terhadap kesulitan bahan untuk dipelajari lebih lanjut
·         Susun dan buatlah pertanyaan-pertanyaan dan usahakan dengan menemukan jawaban yang tepat
·         Pusatkan perhatian dengan sungguh-sungguh pada waktu belajar
·         Pelajari tabel-tabel grafik-grafik dan bahan ilustrasi lainnya dengan teliti
·         Biasakanlah membuat rangkuman dan kesimpulan
·         Buatlah kepastian melengkapi tugas-tugas belajar
·         Pelajari dengan baik pernyataan dikemukakan pengarang dan tangtanglah jika diragukan kebenarannya
·         Telitilah pendapat beberapa pengarang
·         Belajarlah menggunakan kamus dengan baik
·         Analisislah kebiasaan belajar yang dilakukan dan mencoba memperbaiki kelemahan-kelemahannya.
Demikian Tips dan trik belajar efektif semoga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan ini dapat lebih memahami benar mengenai arti penting belajar, kemudian selain itu juga diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mencapai hasil yang dicita-citakan. Amin

Tips dan Trik Belajar Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aswan Blogger