Bagaimana Agar Tidur Berkualitas

Bagaimana Agar Tidur Berkualitas...


Istirahat merupakan salah satu cara agar hidup kita sehat, selain itu juga dengan istirahat yang baik akan dapat membuat stamina tubuh kita tetap segar dan fit, sehingga apapun aktifitas yang dilalui di pagi sampai sore harinya akan menjadi lebih berharga. 
Istirahat yang baik itu dimulai dari cara tidur yang berkualitas, dan tentunya tidur berkualitas ini harus dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan keseharian kita. Di samping itu juga istirahat yang cukup atau berkualitas bagi sementara orang masih menjadi momok terutama masyarakat modern yang dituntut bekerja keras.
Seorang Dokter pakar tidur dan kecantikan, Dr. Michael Breus berbagi tips agar tidur lebih berkualitas. Dia mengatakan keistimewaan  tidur berkualitas, selain sehat dapat menjadikannya kosmetik alami. Lebih lanjut diungkapkan beberapa tips agar tidur kita dapat berkualitas: 

1. Biasakan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.  Buat rutinitas bangun pada waktu yang sama setiap hari, tanpa memperhatikan kapan Anda tidur.

2. Sinari diri anda dengan matahari di pagi hari. Apakah melalui jendela yang masuk ke kamar atau saat berangkat keluar rumah.  Mendapatkan sinar matahari langsung selama 15 menit setiap hari dapat membantu tubuh mengatur ulang jam di dalam tubuh.

3. Bila sempat anda boleh tidur siang, dan jangan terlalu banyak minum kopi. Minum sedikit kopi, kemudian diikuti dengan tidur siang selama 20 menit dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh.

4. Buatlah jadwal minum kopi. Hindari makanan/ minuman yang mengandung kafein setelah pukul 02.00 WIB dan berhenti berolah raga empat jam sebelum tidur.

5. Buatlah nyaman kasur anda. Bersihkan kamar anda. Orang-orang akan tidur lebih baik, di tempat tidur dan kamar tidur yang rapi. Ganti seprai setidaknya sekali seminggu, investasikan waktu dan uang anda untuk membeli kasur dan bantal yang nyaman.

6. Dr. Breus menyebutkan, matikan email, video game, hentikan memikirkan pekerjaan, tagihan dan mencemaskan lain. Sisihkan 20 menit untuk bersih-bersih, 20 menit untuk meditasi, dan 20 menit berikutnya untuk relaksasi sebelum tidur.

7. Beberapa orang ada yang perlu menyalakan televisi dan menonton televisi di tempat tidur. Beberapa orang perlu mengaktifkan otak  mereka sebelum tidur. Coba tonton sitkom setengah jam sebelum tidur. Hindari berita, film aksi atau reality show yang membuat otak bekerja lebih keras.

8. Bacalah buku. Cobalah membaca fiksi, terutama cerita yang akrab atau dengarkan buku yang dilengkapi audio.

9. Jangan pernah menggunakan obat tidur atau penenang agar anda bisa tidur. Penggunaan obat tersebut lebih dari 10 malam perbulan dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Efeknya bisa membuat anda merasa stress selama 12 jam dan membuat anda ketergantungan pada obat tersebut.

10. Obat melatonin. walau alami tak berarti aman, Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur, dan aman bila digunakan dengan benar. Namun berbahaya jika digunakan dengan dosis tinggi.
Demikian tips hidup sehat yang dimulai dari bagaimana tidur yang berkualitas. Mudah-mudahan dengan langkah-langkah ini dapat menjadikan stamina dan daya kerja kita lebih bermakna lagi serta terhindar dari berbagai penyakit.
Sumber : the Huffington post

Bagaimana Agar Tidur Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Asep Iwan