Cara Melatih Agar Anak Menjadi Unggul

Cara Melatih Agar Anak Menjadi Unggul...

Setidaknya ada tiga alasan mengapa orang tua mendambakan lahirnya seorang anak, yaitu : pertama, Anak Sebagai Investasi Dunia, Dia akan menolong kita disaat kita tua nanti. Kedua, Anak Sebagai penerus garis keturunan. ketiga. Anak Sebagai Investasi Ukhrowi. Anak soleh dapat memberikan tambahan pahala yang terus mengalir pada orang tuanya pada saat mereka sudah tiada dan juga dapat menyelamatkan kita dan mendoakan kita dari adzab siksa neraka.

Oleh sebab itu maka sudah mutlak diperlukan Anak kita menjadi soleh, yang unggul dalam segala hal; baik jasmani, ruhani, intelektual dan spiritualnya. Berikut ini langkah yang dapat dilakukan untuk melatih buah hati kita menjadi unggul: 

1. Mendoakannya dengan Sungguh-sungguh
Contoh doa agar anak dikuatkan kepahaman dan kehapaannya: "Allahummarzuqnaa fahmannabiyyin wa hifzholmursaliin wa ilhman malaaikatil muqorrobiin" Artinya : " Ya Allah karuniakan kepada kami kepahaman para nabi, kekuatan hapalan para rosul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat padamu.

2. Memberi Keteladanan, Contoh Terbaik Dalam Kehidupan
Orang tua adalah sumber inspirasi, anak tergerak melakukan kebaikan bukan karena ucapan semata, lebih dari itu ada dedikasi ada tindakan kongkrit menjadi teladan.

3. Memberi Nasehat, Memotivasi, Dan Menginspirasi Anak
Seperti yang di contohkan oleh luqmanul hakim yang tertuang dalam Q.S Luqman ayat 13-19 yang berisikan nasihat-nasihat yang baik, tentang keimanan, tauhid, dan sikap yang baik.

4. Menempatkan Anak Pada Lingkungan Yang Tepat
Karakter anak tebentuk sejak dalam janin, hal ini tergantung pembiasaan orang tuanya, saat itulah mulainya di butuhkan didikan dari orang tuanya, seperti diperdengarkannya janin pada bacaan Al-Quran, Ibu membiasakan shodaqoh, memperbanyak dzikir, dan hal - hal lain yang bersifat positif sehingga bayi lahir ke dunia sudah terwarnai nilai-nilai kebaikan, disamping itu, kondisi lingkungan yang baik, lingkungan yang terjaga juga merupakan pendidikan utama untuk pendidikan karakter anak.

5. Membiasakan Kebiasaan Baik
Hal baik yang di bangun orang tua harus terpelihara dan menjadi kebiasaan yang dibiasakan yang di terapkan dalam keluarga, seperti : bangun pagi sebelum subuh, membiasakan sholat berjamaah di masjid, menjaga silaturahmi, menghadiri majelis ilmu, membaca buku, berinteraksi dengan Al-Qur'an, berkata jujur dan yang lainnya.

6. Memberikan Penghargaan (reward) dan Berikan Sedikit Hukuman (funnisment)
Hal ini dapat membangun kedisiplinan anak, memupuk rasa tanggung jawab anak, mengembangkan kreativitas anak, memberi pelajaran agar mampu menghargai orang lain dan juga mampu menerima kritikan dari orang lain

Demikian tips melatih Agar Anak Menjadi Unggul.

Cara Melatih Agar Anak Menjadi Unggul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Asep Iwan